CARA MEMBUAT KASUR MENGGUNAKAN 3DS MAX



Halo. Lama juga gak posting. Ini semua dikarenakan faktor kuliah dan faktor gak ada ide untuk nulis, ya jadi gitu deh. Bulan ini baru posting cuma 1 postingan doang ckckck -_____- Efeknya besar juga. Traffic rank kembali lagi jadi jutaan. Padahal kemaren-kemaren sempet 900.000. Sampe saat ini belum ada niat buat nulis tentang cerita pribadi, jadi utuk postingan kali ini saya mau share tutorial lagi. Ya itung-itung nyimpen ilmu saya diblog. OK sip

Sekarang kita belajar yang simple-simple aja. Yaitu belajar membuat Selimut di 3DsMax. Keliatannya sepele banget ya. Tapi dibalik itu buatnya ini sangat ruwet. dan pasti beberapa kali bakal gagal. Gagalnya kenapa? ya simak aja nanti. Cekidot

1) Beberapa bahan yang wajib disiapin dulu yaitu: Software 3DsMax, dan bed yang akan dijadikan background selimutnya. Ya kira-kira simplenya saya buat kayak dibawah ini. Cuma peragaan. Kalo kamu bisa buat bed yang lebih bagus, Monggo


**Selain bed, juga yang wajib ada yaitu, lantai sementara. Kenapa disebut sementara? Ya karena nanti akan didelete. ini hanya sebagai bantuan untuk membuat selimutnya.

2) Kita ubah dulu scanenya menjadi tampak atas. Cara gampangnya tekan aja T pada keyboard.


3) Trus kita buat Box seadanya dulu. contohnya kayak dibawah


4) Setelah itu, pilih modify, lalu ubah namanya menjadi selimut, dan atur ukurannya menjadi seperti dibawah


** yang harus diperhatikan adalah segs/segmen nya ini. semakin banyak semakin bagus, tapi hati-hati komputer meledak hahah.
** nah kira-kira jadinya kayak gini




5) lalu kita ganti scanenya menjadi tampak depan. Tekan F pada keyboard. Setelah itu kita Move selimutnya menjadi diatas bed. Untuk move tekan W pada keyboard



6) Ubah lagi scanenya menjadi tampak kiri. Tekan L pada keyboard. lalu move kearah kiri sedikit. kira-kira seperti gambar dibawah.


7) Setelah itu langkah selanjutnya adalah memberi effect modifier pada selimut. Pilih modify lalu pilih modifier list. Lalu pilih FFD 4x4x4.



** Sehingga perubahannya akan tampak seperti ini


8) Pada submenu FFd 4x4x4. Klik pilihan control points. Ini fungsinya untuk mengedit titik-titik kuning ffd


Nah sekarang kita mulai mengedit bentuk dari selimut yg masih kotak ini.

9) Masih pada tampak kiri. Block seluruh titik yang ditunjukan digambar dibawah. kemudian move kearah kiri. jadinya kayak dibawah ini



10) Kemudian block lagi titik-titik paling kiri. lalu move kearah seperti gambar dibawah. gampang kok. Kamu cukup move kekanan trus move keatas sedikit.


11) Block lagi titik-titik dipaling kiri. move agak kekiri.


**Nah kemudian unselect dengan memilih tulisan box pada modify


**Jika kamu sukses sampe tahap ini, nanti perspektifnya jadi mirip gambar dibawah


12) Tahap selanjutnya km pilih objek selimut, lalu pilih modify, buka submenu modifier list, lalu pilih effect cloth



13) kemudian kamu scroll kebawah, centang tulisan self collision.



14) sudah berhasil sampai sini? nah setelah ini mungkin agak ribet, butuh penyesuaian karena sering kali gagal. Lalu scroll lagi keatas, pilih object properties


**lalu akan muncul jendela kyk gini


15) klick tulisan selimut. Kemudian centang tulisan cloth, pada presets kamu pilih wool. Terakhir km tekan add object


**Wool adalah jenis kain yg akan digunakan pada selimut. Beda jenis maka akan beda juga pembentukannya. Kamu boleh pilih yang lain juga jika gagal memakai wool

16) Lalu akan mucul jendela baru lagi. Pilih tiga object yg berwarna biru. lalu tekan add


**Ini maksudnya memilih object-object yang akan dijadikan tatakan untuk proses cloth selimut.

17) Kembali ke object properties. Centang Collision Object. Lalu offsetnya kamu kasi 3.0 atau 2.0. Lalu tekan OK


** Faktor offset di collision object juga mempengaruhi gagal atau tidaknya. jika gagal coba lagi dengan angka yang berbeda

18) Terakhir!!!! Kamu tekan Simulate Local. Untuk memulai proses pembentukan. Tunggu sebentar. kira-kira 10 menit. Tap jika komputer kamu specknya rendah mungkin bakal sampe 30 menit -____-


19) Taraaaa!!! Setelah menunggu dan kamu rasa sudah cukup. Kamu tekan kembali simulate local untuk stop. Jadinya kayak dibawah ini :)

**NB: Hasilnya agak beda karena saya mengulang lagi membuat object selimutnya. Karena yang pertama gagal. Nggak tau kenapa. Yang jelas jika kamu menemui kegagalan. Jangan pantang menyerah. Coba lagi dengan nilai-nilai yang berbeda (Jangan abaikan tulisan-tulisan yang berisi ** itu akan membantu kamu)

Emang agak rumit. tapi jika dicoba terus pasti bisa. Oya pelajari juga Tutorial membuat bantal di 3DsMax. Gaseru dong kalo bed gada bantalnya. Terima kasih sudah mau menyimak

http://yoogha.blogspot.com/2012/11/tutorial-membuat-selimut-sprei-di-3dsmax.html

4 komentar:

  1. Cara block titik-titik nya tu gimana ya gan,,,??kalau diklik titik nya cuma 1 yang ikut keangkat.
    terima kasih

    BalasHapus
  2. Makasih tutorialnya, tapi bacanya pusing backgroundnya merah mentereng sieh, jadi gagal fokus aku :D


    Jam Tangan Unik

    BalasHapus
  3. Terimakasih tutorialnya , sangat bermanfaat sekali

    sekalian ijin promosi ya :)
    Mau cari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap ? ayo kunjungi -> http://alatantrianberkualitas.blogspot.com/
    atau juga bisa hub kami 082150065758 , pin 2a9be37c

    BalasHapus
  4. kalo tempat tidurnya gimana ??

    BalasHapus