CARA MEMBUAT BANTAL MENGGUNAKAN 3DS MAX

Sebenernya dari dulu pingin banget buat tutorial tentang buat rumah 3d atau autocad gitu. Tapi karena rumitnya minta ampun dan emang sepertinya susah buat aku neranginnya. Jadi niat itu diurungkan saja. Tetapi di tutorial kali ini aku mau ngejelasin tentang 3d juga dan nggak susah-susah amat buat mempraktekannya. Selain buat nyimpen ilmu aku diblog ini dan cuma sekedar sharing juga, kan syapa tau aku lupa jadi bisa baca lg tutorial ini. Jadi software yang digunakan adalah 3dsMax. Yang belum tau apa itu 3dsMax mending search sendiri aja ya di google. Di 3dsMax ini aku akan buat bantal. Benda yg terlihat simple bukan ? Tp buatnya ini tidak segampang keliahatannya. Ya begitulah 3d, seperti yang aku bilang td, buat bantal aja susah apalg buat rumahnya. Yuk langsung simak cara-cara dibawah ini

1) Buka sofware 3dsmax km, boleh versi berapa aja, yang aku gunain itu 3dsMax 2009



2) Pada Bagian kanan terlihat menu - menu untuk membuat berbagai macam objek. Kita cukup gunakan BOX saja



3) Selanjutnya pada layar kerja buatlah sebuah box. ukurannya boleh awur dulu, seperti gambar dibawah ini



4) Klik menu modifier seperti tanda panah gambar dibawah, lalu km ubah ukuran sama seperti lingkaran pada gambar dibawah



maka otomatis objek kotak akan berubah seperti gambar dibawah


5) Di layar kerja [perspective] klik kanan, lalu centang tulisan edged faces, tujuannya agar garis - garis segmen bisa terlihat untuk memudahkan mengedit


Setelah diaktifkan makan objek akan terlihat garis - garis seperti gambar dibawah

Dan klik icon pada tanda panah di gambar diatas agar layar menjadi full, tujuannya cuma agar terlihat simple aja sih

6) klik menu modifier list seperti gambar dibawah, lalu pilih FFD 4x4x4 seperti yang ditunjukkan tanda panah pada gambar dibawah ( modifier list itu semacam memberi effect pada objek, disitu ada banyak macam effect dengan fungsi yg berbeda - beda )


setelah di beri effect FFD 4x4x4 maka objek akan bertambah garis - garis kuning, effect ini gunanya untuk pengeditan bentuk objek



7) Tanpa memilih objek, lalu tekan T pada keyboard, dan layar kerja akan berubah menjadi Top ( tampak atas )


8) Lalu dibagian effect td km tekan tanda + pada FFD 4x4x4 lalu km klik control point, control point itulah guna agar titik - titik kuning tersebut  bisa diedit, dan otomatis objeknya akan berubah juga


9) Lihat dengan jelas gambar dibawah ini, block titik - titik yang dilingkari pada gambar dibawah, terlihat ada 8  titik yang di block


10) lalu pada menu diatas km klik Scale pada gambar yang dilingkari, atau gampangnya km tekan R pada keyboard (Scale gunanya untuk memperbesar/memperkecil objek)


Setelah menekan icon scale maka akan muncul seperti gambar dibawah


11) lalu pada segitiga tersebut, lalu km klik+tahan dan bawa kursor ke arah bawah agar titik-titik yang di block akan mengecil, jika langkah km benar, maka akan seperti gambar dibawah


Nah gambar 3dnya akan seperti dibawah Tekan P pada keyboard untuk merubah layar menjadi 3d perspective


12) langkah selanjutnya, Tekan F pada keyboard (front/tampak depan) Jadi sekarang kita akan mengedit dari bagian depan, lalu km block titik - titik yang ditunjuk pada gambar dibawah


13) Kembali km tekan R untuk scale, lalu km tekan garis berwarna hijau, dan tarik keatas untuk membuat kembung bagian tengah


14) lanjutkan dengan memblock titik-titik yang di tunjuk pada gambar dibawah, Tekan R lg, lalu klik tahan garis hijau trus km bawa ke arah bawah hingga menjadi rapat seperti gambar dibawah



15) Lanjut lagi block titik - titik yang ditunjukkan pada gambar dibawah


16) Lalu klik icon yang ditunjukkan oleh tanda panah, atau langsung saja km tekan W (move) gunanya untuk memindahkan maka gambar segitiga akan berubah menjadi arah panah


17) selanjutnya km klik tahan panah hijau lalu km geser ke atas, jika langkahmu tepat maka lengkung di tengah tengah tersebut akan pindah, jadinya seperti gambar dibawah ini


Jika sampai langkah ini km berhasil, tekan P untuk melihat hasil 3dnya


18) Lalu klik menu modifier list yang berada disamping kanan, lalu pilih effect turbo smooth, gunanya untuk memperhalus objek dengan menambah lebih banyak segmen/garis maka akan berubah seperti ini


19) klik effect turbo smooth pada sebelah kanan lalu km atur iterationsnya. Cukup gunakan 3 saja sudah akan terlihat sangat halus (perhatian : lebih baik jangan menggunakan iterations lebih dari 3, karena akan membuat laptop km lambat, 3 saja sudah sangat cukup)


Diatas merupakan hasil akhirnya, dan km masih bisa edit dengan melakukan perubahan warna, cloning, dan rotate

Jadi dengan menggunakan teknik diatas km bisa membuat berbagai macam bentuk lain :) Jika ada yg ditanyakan komen langsung aja :)


http://yoogha.blogspot.com/2012/05/tutorial-membuat-bantal-di-3dsmax.html

7 komentar:

  1. mantap nih pelajaran 3D nya...
    kpan2 tak pelajari deeh... :)

    BalasHapus
  2. coba di blog ini jngn diberikan name scrool, soalnya mengganggu banget saat melihat
    thanks

    BalasHapus
  3. wah sangat bermanfaat .
    salam dari melilea jogja .
    pelangsing aman ampuh PASTI BERHASIL

    BalasHapus
  4. tutorial nya mantap mba,,,,, cuma sayang bacanya pusing

    BalasHapus
  5. sangat membantu kak infonya

    kunjungi hargaalatantrianc2000.blogdetik.com pusatmesinantrianc2000.blogspot.co.id
    pusat alat antrian otomatis +software dan alat survey kepuasan pelanggan
    kami menjual alat antrian:

    -alat antri sederhana
    -alat antri berbasis android
    -survey kepuasaan layanan
    -kiosk
    -dan juga berbagai macam type tentunya

    hubungi www.alatantrian.com
    denny@cendana2000.com 082130345677

    BalasHapus
  6. Terimakasih caranya, sangat bembantu sekali

    Jangan lupa kunjungi -> http://raja-alatantrian.blogspot.co.id/ untuk anda yang mencari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap, atau juga bisa hub kami 082150065758 , pin 2a9be37c

    BalasHapus