Tutorial Membuat Sofa 3DSMax
Tutorial singkat 3DSMax ini akan dijelaskan bagaimana cara melakukan
modeling sofa, yang mudah dan praktis, hanya dengan menggunakan box. Di
tutorial ini juga akan dijelaskan fungsi penggunaan vertex, polygon dan
efek mesh smooth di 3DSMax.
Tahap 1: Modelling
1. Buka 3DSMax (Semua Versi)
2. Aktifkan tombol Box di 3DSMax.
3. Kemudian Buatlah Box di layer Perpective dengan Ukuran, sebagai berikut:
4. Setelah
Box selesai Dibuat, maka selanjutnya kita aktifkan dulu Mode Edged
Face, agar kita mudah dalam melakukan modeling dengan sofa. Caranya,
klik kanan tulisan perspective di layer perspective, lalu pilih Edged
Face.
5. Kemudian, kita aktifkan tombol Arc Rotate untuk memutar kamera layer perspective ke arah bawah box. Perhatikan gambar dibawah:
6. Ok, setelah kamera diarahkan ke Bawah. Sekarang kita klik kanan objek Box, dan pilih Convert to: Convert to Editable Poly.
7. Setelah
di Convert jadi poly. Sekarang kita klik menu modify, dan aktifkan
modus polygon. Supaya jelas, perhatikan gambar dibawah:
8. Selanjutnya, Tekan Ctrl di keyboard lalu, seleksi polygon-polygon dibawah box.
9. Setelah diseleksi, tekan Del di Keyboard. Supaya terhapus semua bagian bawah Box.
10. Sekarang masuk ke menu modify, dan klik modifier list, lalu pilih mesh smooth.
11. Jika
sudah ke Mesh Smooth, maka akan terlihat hasilnya. Kita sudah memiliki,
pegangan Sofa. Kini kita sudah di 30% tahapan pengerjaan.
12. Ok.
Kini kita sudah punya satu pegangan sofa. Sekarang supaya kita tidak
cape ngebuat ulang. Cukup kita copy pengangan tersebut. Caranya, klik di
objek sofa dengan tombol Select and Move, lalu tahan sumbu Merah,
kemudian geser pegangan sofa sambil menahan tombol shift di keyboard.
Kalau berhasil akan tampil, Menu Clone Options, tekan saja Ok.
13. Kemudian
untuk sandarannya, kita juga bisa gunakan pegangan sofa, yang telah
kita buat, dan nantinya bisa kita modifikasi lagi. Caranya, lakukan
cloning lagi terhadap pegangan sofa, seperti sebelumnya, lalu posisikan
sandaran ditengah pegangan sofa, seperti gambar dibawah.
14. Klik di Objek Sandaran Sofa. Lalu masuk ke menu modify. Dan pilih Editable Poly, lalu pilih vertex.
15. Sekarang masuk ke layer Left. Dan tarik 2 Vertex Keatas.
16. Sekarang dengan tombol select and rotate, kita putar vertek kebawah. Seperti gambar dibawah.
17. Ok.
Setelah diputar maka vertex baris kedua, kurang rapih, nah sekarang kita
rapihkan, supaya, sejajar dengan sofa. Caranya, seleksi vertex bagian
paling luar, lalu geser supaya sejajar dengan pegangan sofa.
18. Sekarang,
jika sudah selesai. Kita klik lagi menu mesh smooth. Dan lihat
hasilnya, sofa kita sudah 80% Jadi. Sekarang tinggal, buat dudukannya.
19. Untuk
buat dudukan, caranya sama dengan membuat sandaran kursi. Cloning saja,
salah satu pegangan sofa, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lalu
posisikan dibawah sandaran sofa.
20. Selanjutnya,
karena sofa terlalu pendek. Sekarang kita naikkan sofanya biar terlihat
tinggi. Caranya, klik di dudukan sofa, lalu masuk ke modify dan pilih
modus vertex lagi.
21. Sekarang
masuk ke layer Front. Dan tarik 2 baris vertex ke atas. Seperti kita
menarik vertex di sandaran sofa. Jika sudah tekan kembali, tombol Mesh
Smooth.
22. Ok, jika sudah selesai, kembali ke layer Perspective. Dan lihat Hasilnya. Atau, jika pengen di Render, tekan tombol F9.
Tahap 2: Texturing
ditahap 2 ini, kita akan memberikan tekstur pada sofa, agar terlihat
menjadi menarik, dan tidak terkesan "telanjang". dan tekstur yang kita
gunakan adalah tekstur bulu warna putih. ok, supaya tidak terlalu lama,
silahkan ikuti tahapannya dibawah ini:
1. Save Tekstur Dibawah Ini ke Folder ..:Artoolkit\bin\wrl\texture
2. Tekan M di keyboard, untuk membuka material Editor. lalu pilih Slot 1.
3. Buka Menu Maps, lalu Beril Tanda Checklist Diffuse Color, kemudian Klik tombol None.
4. Setelah Klik tombol None, maka akan tampil menu Material/Map Browser.
pilih Menu paling atas, atau Menu Bitmap. dan pilih gambar tekstur bulu
dari folder Artoolkit\bin\Wrl\Textures, yang saya kasih sebelumnya.
5. Bila sudah terpilih, maka akan slot satu akan terlihat tekstur bulu.
6. Sekarang Drag Slot Tekstur Bulu Ke Sofa Anda.
7. Saat di Drag, Sofa belum Bertexture. Supaya kelihatan Teksturnya, Klik Tombol Kecil Show Map In Viewport.
8. Sekarang Sofa, sudah Bertexture. Tekan F9 untuk melihat Hasilnya.
9. Sekarang tinggal kita Eksport filenya ke Wrl. caranya, Klik File > Eksport > Save As Type: VRML (*.Wrl) dan simpan dengan nama Sofa di Folder ..:\ArToolkit\Bin\Wrl\. 10. Saat di Eksport akan keluar, menu Wrl Eksporter. Sebelu tekan Ok, Kita ganti dulu Bitmap Url Prefix, ..Maps menjadi ./Textures
11.
sekarang tinggal atur database di ARToolkitnya, dan jalankan Simple
Vrml. (Yang Belum Paham Penggunaan ARToolkit, bisa belajar terlebih
dahulu di Menu ARToolkit > Tutorial Dasar)
Sekian Semoga Bermanfaat.
Salam
http://belajar-ar.blogspot.com/2011/06/tutorial-modelling-membuat-sofa-dengan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar